انمايعمرمسجدالله من امن بالله واليوم الاخرواقام الصلوةواتى الزكوةولم يخش الاالله فعسى اولئك ان يكونوا من المهتدين

“Tidaklah orang-orang yang memakmurkan masjid-masjid Allah kecuali orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta yang menegakkan shalat, menunaikan zakat serta tidak takut kecuali kepada Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (At-Taubah: 18)




Senin, 23 Maret 2015

Tentang Kami

TENTANG KAMI


بسم الله الرحمن الرحيم

***


Muqaddimah:


Masjid Baitirri'ayah adalah sebuah masjid yang ada di kawasan Dusun Krajan Timur tepatnya RT. 2 RW. 3 Desa Sumberjati, bertepatan lokasinya sangat strategi karena tepat di tepi jalan propensi yaitu Jalan A. Yani No. 250 Desa sumberjati Kec. Silo Jember, jalan ke arah Kab. Banyuwangi jika dari arah barat, Bila hendak menuju ke Masjid Baitirri'ayah, hanya melalui satu akses jalan utama, kurang lebih 25 km kearah timur dari pemerintahan pusat Kabupaten Jember, dan dari perbatasan Kabupaten Banyuwangi berkisar 10 km. Ke arah barat. Masjid Baitirri'ayah tepat bersebelahan dengan SDN Sumberjati I atau jarak antara kantor Kecamatan Silo sekitar 500 m. ke arah timur. Desa Sumberjati adalah sebuah desa yang sejuk karena begitu dekat dengan lereng Gunung Gumitir, Sumberjati juga termasuk sentra padi untuk wilayah Jember Timur. Dan buah Kopi juga menjadi komoditi andalan pertahun di sebagian wilayah Sumberjati.



WILAYAH DAN KEGIATAN


Seperti yang telah diuaraikan di atas, letak Masjid Baitirri'ayah letaknya sangat strategis yang persis berada di pinggir jalan propensi dan dikelilingi oleh hijaunya persawahan. Di sepanjang jalan desa saat ini telah ditumbuhi pohon-pohon yang rindang, sehingga membuat sirkulasi udara serta kondisi oksigen di sekitar masjid cukup terjaga dengan baik. Dan juga desa sumberjati mendapat limpahan mata air yang besar dan jernih, selalu mengalir deras walau pada musim kemarau panjang, sehingga sarana bersuci sangat memuaskan. Semoga Semua anugerah tersebut dapat dijaga dan dikelola dengan baik melalui kepedulian dari seluruh warganya, diharapkan kondisi aman, sejuk serta segar tersebut dapat membawa kita ke arah ruhiah yang lebih bersyukur serta mendekatkan diri kita ke Rab kita yang telah mencipatakan kita dengan seluruh isinya agar kita berbakti kepada-Nya


***


Sesuai dengan firman Allah yang dalam surat Ad-Zariat ayat 56:

و ما خلقت الجن والإنس الا ليعبدون

***


"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mereka mengabdi kepadaku."

***


Membangun masjid, memakmurkan dan menyediakan untuk orang-orang shalat termasuk amal yang utama. Allah akan memberikan kepadanya pahala nan agung. Ia termasuk shadaqah jariyah yang pahalanya berlanjut hingga seseorang telah meninggal dunia. Allah berfirman:

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ (سورة التوبة: ١٨)

***


“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS At-Taubah: 18)

. . . . . . . . . . . . .


Nabi bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ (رواه البخاري، رقم ٤٥٠، ومسلم، رقم ٥٣٣، من حديث عثمان رضي الله عنه)

***

“Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.” (HR. Bukhari, 450 dan Muslim, 533 dari Hadits Utsman radhiallahu’anhu)

. . . . . . . . . . . . .

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى وَعَهِدْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ(١٢٥)

***

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah Allah (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian tempat yang dibangun Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i`tikaaf, yang ruku` dan yang sujud". (QS. Al Baqarah 125)

Dusun Krajan Timur Desa Sumberjati hampir seratusnya persen adalah pemeluk agama Islam, oleh sebab itu Masjid Baitirri'ayah salah satu masjid di Dusun Krajan Sumberjati, yang saat ini berusaha untuk bisa mandiri dalam syiar agama, seluruh aspek kegiatan yang berhubungan dengan keislaman, kami upayakan di pusatkan di Masjid Baitirri'ayah. Masjid Baitirri'ayah selalu berupaya serta akan selalu menjaga keharmonisan diantara sesama umat beragama, dengan tetap berupaya dan terus menerus menjaga kesucian akidah islam berdasarkan ahlus sunah wal jama’ah dan menjaga konsistensi untuk menegakan panji-panji kebenaran. Masjid Baitirri'ayah mudah-mudahan dapat memancarkan sinar kebenaran khususnya di wilayah RT. 2 RW. 3 Dusun Krajan dan Indonesia pada umumnya berdasarkan kebesaran firman Allah serta Sunah Rasululah , Masjid Baitirri'ayah mudah-mudahan dapat menjadi pilar utama didalam menegakan kalimah Allah serta sunah Rasullulah serta menghindari perbuatan syirik serta bid’ah dhalalah, mudah-mudahan baik seuruh jamaah Masjid Baitirri'ayah ataupun warga Krajan Timur di sekitar Masjid Baitirri'ayah akan mampu membawa amanah tersebut, semoga Allah selalu melindungi seluruh jamaah Masjid Baitirri'ayah khususnya serta warga muslimin dan muslimat pada umumnya. Seluruh pengurus Masjid Baitirri'ayah bertekad untuk menjadikan masjid sebagai sarana pengabdian serta dakwah berdasarakan kitabullah serta sunatullah, hal tersebut sebagai bentuk serta ungkapan rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat serta karunianya kepada kita semua, semoga seluruh kegiatan dalam memakmurkan masjid tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengabdian serta rasa syukur kepada Allah : Yang artinya, Jikalau Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

. . . . . . . . . . . . .


Secara umum kondisi Masjid serta seluruh fasilitasnya saat ini cukup terawat serta dalam kondisi cukup bersih bahkan didalam ruang utama masjid juga telah dilengkapi dengan alqur’an dan dan insyaallah akan dilengkapi dengan buku-buku islam lainnya, bahkan karena dinding masjid yang telah di pasang keramik juga pendingin ruangan yang cukup, sehingga untuk melakukan kegiatan peribadatan siang haripun udara didalam Masjid akan tetap terasa sejuk dan nyaman, hal tersebut diharapkan agar seluruh jamaah yang akan dan sedang melaksanakan kegiatan beribadah tetap merasa nyaman dan lebih khusyu'. Bahkan untuk sarana parkirpun cukup luas untuk jemaah yang membawa kendaraan. Seluruh Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Baitirri'ayah berkomitmen ingin selalu berusaha memberikan pelayanan yang maksimal serta terbaik bagi keamanan serta kenyamanan seluruh jamaah yang akan melaksanakan kegiatan peribadatan, semoga saja Allah tetap memberikan kemudahan kepada seluruh Pengurusnya didalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh jamaah masjid baik warga Krajan Timur dan sekitarnya maupun kaum muslimin pada umumnya. Beberapa kegiatan peringatan hari besar islam (PHBI ) Alhamdulillah dari tahun ke tahun selalu ada perubahan dan perkembangan dari jumlah yang hadir berkisar 40 % sekarang mencapai 75 % yang hadir dari sejumlah KK yang ada di wilayah RW. 3.

. . . . . . . . . . . . .


Membangun mesjid berarti menyediakan fasilitas orang untuk beribadah, membersihkan dirinya dan dimulai dengan perasaan takut kepada Allah. Oleh karenanya, membangun masjid termasuk dalam jihad sabilillah. Sementara setiap orang mukmin wajib berjihad di jalan Allah dengan hartanya jika tak dapat dengan olah dirinya agar ia terhindar dari azab pedih seperti maksud dari firman Allah:


يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ(10) تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ(١١) يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ(١٢)

***


Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga `Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS As Shaff 10-12)

***

Dengan demikian, membangun mesjid adalah jihad sabilillah adalah agar terhindar dari azab yang pedih.

Maksud dan Tujuan


Seperti telah diungkapkan diatas bahwa seluruh pengurus Masjid Baitirri'ayah bertekad dengan sepenuh hati untuk mengabdikan dirinya untuk kemakmuran masjid serta menjaga kesucian baik dari aspek kebersihan masjid ataupun kesucian dalam tata cara ta’abudi kepada Allah , kesucian dalam beribadah adalah merupakan esensi yang sangat penting karena hal tersebut merupakan cahaya apakah ibadah kita diterima atau tidak oleh Allah , sehingga syiar penting sekali dalam penyempurnaan peribadatan itu sendiri.


. . . . . . . . . . . . .


Hanya Ridha Allah Yang Kami Harapkan dalam Perjuangan ini

. . . . . . . . .



. . . . . . . . .


Back to Top

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top